WSUS Starter Kit

Salah satu usaha yg bisa kita lakukan untuk menjaga keamanan jaringan komputer yg kita kelola adalah dengan memastikan bahwa setiap komputer setidaknya selalu ter-update.

Sejak Windows 2000 SP4, Microsoft telah menambahkan komponen Automatic Update yg bertugas untuk memeriksa secara periodik apakah ada update terbaru, men-download-nya, dan menjadwalkan instalasi update terbaru tersebut.

By-default, Automatic Update akan menghubungi server Windows Update yg terletak di Internet. Tentu Anda bisa membayangkan apabila masing2x komputer di jaringan komputer berkomunikasi ke Internet untuk men-download hal yg sama. Benar2x pemborosan bandwidth Internet…

Untuk mengatasi hal ini, Microsoft merilis SUS Server sebagai aplikasi server memberikan layanan seperti Windows Update, dan bisa kita install di dalam jaringan kita sendiri. Dengan menerapkan SUS Server, cukup satu komputer saja yg berkomunikasi dengan server Windows Update (SUS Server itu sendiri), dan komputer2x lain di jaringan kita bisa diarahkan untuk mengambil update dari SUS Server yg ada di jaringan lokal.

Yang cukup menarik adalah bahwa SUS Server ini tersedia secara cuma-cuma. Saat ini SUS Server sudah digantikan oleh WSUS, sebuah produk yg memberikan layanan yg sama (dan tetap gratis), tetapi lebih canggih daripada SUS Server. Di mana SUS Server hanya memberikan update untuk operating system dan komponen-komponen kecil lainnya, WSUS juga bisa mendistribuskan update untuk SQL Server, Exchange Server (2000 dan 2003), dan Office (XP dan 2003). Untuk Windows sendiri, WSUS mendukung Windows 2000, seluruh edisi Windows Server 2003 dan Windows XP (32-bit dan x64).

Apabila Anda telah memutuskan untuk men-deploy WSUS, maka salah satu tantangan yg dihadapi adalah untuk catch-up dengan jumlah update yg tersedia saat ini. Per 21 Januari 2006 saja, saat sinkronisasi pertama untuk seluruh produk Microsoft yg didukung oleh WSUS, maka besarnya data yg perlu di-download adalah lebih dari 16GB!!!

Dalam rangka membantu rekan2x yg berkinginan untuk men-deploy WSUS, tetapi memiliki keterbatasan dalam koneksi Internet, maka WSS-ID merilis WSUS Starter Kit yang berisi sejumlah dokumentasi dan tools tambahan, dan tentunya content WSUS terkini. Sedangkan untuk installer WSUS itu sendiri, Anda harus men-download-nya secara langsung dari Microsoft.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: